Manfaat Bersedekah di Pagi Hari - Syarif Miftahudin's Blog

Sunday, November 3, 2013

Manfaat Bersedekah di Pagi Hari


Saat ini di Indonesia lagi ramai-ramai nya berkampaye, ada yang kampanye untuk Calon legislatif, Presiden, Gubenur, walikota, Bupati, bahkan lurah. Semua menyampaikan janji-janjinya. Di pagi hari yang penuh berkah ini, saya mau berkampanye juga, tapi, saya bukan caleg yah, saya hanya berkampanye informasi yang saya rasa hal ini sangat penting untuk di aplikasikan dalam kehidupan keseharian anda, dalam hal ini yang bukan seperti janji para calon legislatif yang hanya mengobral janji tanpa pembuktian yang jelas, atau bisa di kata pembohongan besar, tapi tidak semua caleg seperti itu yah, hanya sebagian besar, dan mungkin banyak bertebaran di sekitar anda, kita do'akan semoga mereka semua kembali berada di jalan Allah swt.

Kampanye saya pada waktu ini adalah "INDAHNYA SEDEKAH DI PAGI HARI"


Para Malaikat Senantiasa berdo'a seperti ini di setiap hari; "Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang bersedekah / berinfaq" ( HR. Imam Bukhari )

Subhanallah, sungguh luar biasa hamba Allah yang senantiasa bersedekah, Para Malaikat ternyata tidak tinggal diam merespon, membantu manusia yang rajin mengeluarkan hartanya di jalan Allah swt. semoga kita salah satu di dalamnya Amin Amin Amin Ya Rabbal Alamin.


Nah, mengapa penting hal ini saya kampenyekan? oleh karena sedekah seharusnya sudah menjadi kebutuhan kita sehari hari, oleh karena dalam kehidupan sehari hari harta yang kita dapatkan adalah bukan milik kita sepenuhnya, ada hak fakir miskin, ada hak orang lain dalam harta kita, nah yang itu kita sedekahkan, sehingga setiap hari harta yang kita bawa kerumah adalah harta yang berberkah harta yang sudah bersih, harta yang akan menghidupkan keluarga kita, yang akan kita belanjakan adalah hak dan milik kita.



Sebenarnya bukan di situ yang kita bahas, akan tetapi kita akan bahas bahwa sebetapa indahnya sih sedekah di pagi hari itu?  ada yang bisa jawab? silahkan beri komentar di bawah post, dalam hal ini kita saling sharing sharing ilmu lah, agar bermanfaat, buat kita semua.



Sedekah di pagi hari memiliki keutamaan keutamaan bagi saya pribadi :

1. Hati/Perasaan Senang Setelah Sedekah.



Setiap saya berangkat mencari rezki Allah, setiap pagi saya singgah di salah satu mesjid yang memang saya liat sangat butuh bantuan pembangunan. kenapa saya memakai sasaran mesjid untuk bersedekah, karena saya fikir, selain bersedekah juga kita bisa niatkan untuk agar supaya sedekah itu menjadi ladang pahala amal jariyyah untuk kita sebagai penyambung amal pahala setelah kita telah meningal dunia, nah setelah saya memasukkan uang ke celengan saya lanjutkan perjalanan menuju ke tempat tujuan saya dengan perasaan senang, tenang, aman, pokoknya lebih fressh ^_^ dan tentu akan melancarkan urusan kita di jam jam berikutnya jika kita bekerja dalam keadaan hati senang.



2. Rezeki Akan Datang Setelah Sedekah.



Sedekah di pagi hari saya artikan adalah sebagai pemancing rezeki, dan ini saya buktikan sendiri, saya pelajari dan melihat hasilnya, dan ternyata benar bahwa jika sedekah kita rutin, maka insyaAllah, Allah akan menggantinya di dunia dengan yang lebih, dan terlebih lagi di hari akhir kelak.



Hanya dua point yang saya paparkan disini karena memang hanya dua yang saya rasakan :) saya juga ingin berbagi tips, jika kita ingin rutin bersedekah, Maka milikilah celengan sedekah sendiri agar kita dapat mengawali hari dengan bersedekah. Di pagi hari itu para malaikat yang bertugas di malam hari dan yang bertugas pada siang hari berkumpul dalam waktu bersamaan, dan bersamaan juga ikut mendoakan mereka yang melakukan ibadah di pagi hari.



Mengapa menggunakan celengan? Ini untuk memudahkan bersedekah di awal pagi (waktu subuh) pada waktu itu kesulitan mendapatkan orang yang akan menerima sedekah kita, kecuali laki-laki yang melaksanakan shalat subuh di mesjid dapat langsung memasukkan ke kotak infaq. Alasan berikutnya karena nominalnya tidak banyak, misalnya baru memulai dengan hanya Rp1000. Nilai itu kalau kita berikan langsung ke penerima sedekah tidak dapat membantu apa-apa, namun lain halnya jika kita kumpulkan selama 1 bulan atau mungkin lebih akan memberi manfaat lebih banyak lagi, apalagi kalau sedekahnya itu berjamaah, yaitu kita menggabungkan sedekah dari beberapa orang, maka semakin banyak yang dapat kita bagikan kepada penerima sedekah.



Hanya memasukkan sedekah senilai Rp1000 setiap pagi jauh lebih bernilai di bandingkan jika bersedekah Rp100.000 hanya sekali sebulan, mengapa, ..?



Jika bersedekah setiap pagi, berarti 30 kali malaikat ikut mendoakan kita, tapi kalau hanya di lakukan 1 kali saja setiap bulan walaupun nominalnya besar, malaikat hanya satu kali saja yang mendoakan kita.



Seperti janji Allah yang akan melipat gandakan sedekah. Maka semakin besarlah nomimal yang akan Allah kembalikan kapada orang yang bersedekah, Allah tidak pernah ingkar akan janjinya.



Apakah masih ada yang tidak tertarik dengan janji Allah ini, ..? 
Memulainya memang sulit di lakukan oleh sebagian orang, bukan nomimalnya yang memberatkan, tapi membiasakan diri itulah yang berat, meskipun sudah mengetahui amalan yang paling di sukai Allah adalah berkelanjutan  walaupun sedikit.



Bagi sebagian orang yang sudah membiasakanya bersedekah disetiap pagi dan kemudian merasakan dahsyatnya bersedekah disetiap pagi hari itu maka ia akan berusaha untuk meningkatkan nomimal sedekahnya, karena percaya bahwa berinvestasi dengan Allah memberikan keuntungan yang luar biasa, tidak akan mengalami kerugian, tidak seperti jika ikut berinvestasi dengan manusia.



Marilah kita mulai hari dengan bersedekah di awal pagi, agar Rahmat dan Ridho Allah serta kemudahan-kemudahan dari Allah mengisi detik demi detik disetiap hari yang kita lalui.

No comments:

Kami mengharapkan komentar dan kritikan yang membangun, ..