Jawaban Refleksi MODUL Tegas Tanpa Bias - Syarif Miftahudin's Blog

Wednesday, March 22, 2023

Jawaban Refleksi MODUL Tegas Tanpa Bias

 

Topik

3 Dosa Pendidikan: Intoleransi 


MODUL

Tegas Tanpa Bias


Nah sekarang, coba ingat-ingat, apakah saat mengajar, Ibu dan Bapak pernah melakukan salah satu bias yang tadi disebutkan? Kira-kira bagaimana ya agar hal tersebut tidak terulang kembali?

Jawab :

Saya pernah melakukan status-quo bias, yaitu menganggap metode pembelajaran yang saya gunakan sudah cukup baik dan tidak perlu memodifikasinya lagi, karena sudah terbukti meningkatkan nilai rata-rata ujian nasional dari siswa angkatan sebelumya. Namun jika dirapkan pada siswa angkatan berikutnya ternyata tidak berhasil.


Agar hal tersebut tidak terulang kembali maka saya mempelajari berbagai metode pembelajaran lainnya, serta belajar untuk berpikir terbuka dan berpikir kritis, salah satu caranya yaitu dengan mempelajari materi-materi yang ada di platform merdeka mengajar ini dengan seksama.


Kira-kira langkah pertama apa yang akan Ibu dan Bapak ambil untuk membantu meruntuhkan piramida kebencian ini?

Jawab :

Langkah pertama untuk meruntuhkan piramida kebencian dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan tidak berprasangka negatif kepada orang lain sebelum mengetahui kebenarannya.


Kira-kira inisiatif kegiatan apa yang akan Ibu Bapak lakukan untuk meruntuhkan prasangka di kelas dan sekolah?

Jawab :

Melakukan refleksi setelah kegiatan mengajar dan mengambil waktu sejenak untuk memikirkan keputusan-keputusan yang akan dibuat.

No comments:

Kami mengharapkan komentar dan kritikan yang membangun, ..