Berbalas Jasa di Dunia Maya - Syarif Miftahudin's Blog

Tuesday, November 10, 2015

Berbalas Jasa di Dunia Maya


Ingat, dunia maya atau internet juga punya aturan atau tata krama atau unggah ungguh dalam bahasa jawa, walaupun kelihatannya sangat bebas, tetapi untuk orang orang yang punya jiwa sosial di dunia nyata maka kita juga punya jiwa sosial di dunia maya.

Ketika anda sedang mencari sesuatu hal di dunia maya (read:internet), lalu anda berhasil menemukannya dalam sebuah situs maka anda seharusnya berterimakasih pada situs tersebut karena telah membantu anda. Bentuk wujud terimakasihnya bermacam :

---> Jika merupakan website non profit, contoh : blogspot atau wordpress yang tidak memasang iklan, anda bisa berterimakasih dengan cara share page tersebut. Kelihatannya sepele, ketika anda share maka akan banyak orang yang visit page tersebut dan ini menumbuhkan motivasi pemilik website tersebut untuk terus menyajikan konten lain di websitenya.

---> Jika website tersebut memasang iklan, cara anda berterimakasih adalah dengan meng-klik iklan tersebut, karena dari klik tersebut, pemilik website akan mendapatkan komisi dari setiap klik, makin banyak klik, makin giat si pemilik website untuk terus menambah konten lain di websitenya.

Contoh kasus:
saya sedang mencari soal dan pembahasan sbmptn, kemudian saya menemukannya dalam sebuah website, saya telah berhasil mendownload soal dan pembahasan yang saya cari, website tersebut memasang iklan ppc, maka cara saya berterimakasih pada pemilik website adalah dengan meng-klik iklan tersebut, saya senang karena menemukan apa yang saya cari, dan pemilik website senang karena mendapat komisi dari iklan, ini namanya simbiosis mutualisme, saling menguntungkan.

Walaupun banyak sih website yang isinya kebanyakan iklan, atau malah iklan semua, nah yang seperti ini malah dibenci banyak orang, langsung di-close aja kalo nemu website kayak gitu.

No comments:

Kami mengharapkan komentar dan kritikan yang membangun, ..