JENIS DAN BENTUK KARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI - Syarif Miftahudin's Blog

Sunday, June 21, 2015

JENIS DAN BENTUK KARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI


Apakah pengertian karya seni rupa tiga dimensi?
Definisi karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume. Contoh karya seni rupa tiga dimensi adalah seni bangunan atau arsitektur. Lalu apa saja jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi?
Secara umum, kita bisa mengelompokkan karya seni rupa tiga dimensi menjadi dua, yaitu seni bangunan dan seni patung.
SENI BANGUNAN ATAU ARSITEKTUR
Karya seni rupa arsitektur yang termasuk seni rupa tiga dimensi antara lain candi, masjid, gereja, pura, klenteng, gapura dan lain-lain. Seni bangunan tersebut pada umumnya digunakan sebagai seni rupa terapan yang memiliki manfaat ganda, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan hidup dan juga kepuasan batin.
SENI PATUNG
Seni patung termasuk karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni patung telah dikenal di indonesia sejak berabad lamanya. Seni patung digunakan dalam peribadahan dan juga sebagai hiasan di dalam rumah. Saat ini kita mengenal beberapa cara teknik pembuatan patung, diantaranya adalah:
TEKNIK PAHAT
Teknik pahat dalam pembuatan patung adalah cara membuat patung dengan dipahat, dipotong dan dibor. Teknik pahat biasanya digunakan untuk membuat karya seni rupa berbahan keras, seperti kayu dan batu. Patung yang dibuat dengan teknik membentuk misalnya patung candi dan patung suku asmat.
TEKNIK MEMBUTSIR
Teknik membutsir adalah teknik membuat patung dengan cara membentuk langsung dengan tangan dan dengan cara mengurangi atau menambah bahan. Teknik membutsir ini digunakan untuk membuat karya seni rupa berbahan lunak seperti tanah liat.
TEKNIK CETAK ATAU COR
Teknik cetak atau cor yaitu teknik membuat patung dari bahan padat yang dicairkan dahulu kemudian dibentuk dengan alat cetakan dan dikeringkan sehingga padat kembali. Pembuatan seni rupa tiga dimensi dengan cara teknik cetak atau cor digunakan untuk pembuatan patung dari logam.
KARYA SENI RELIEF

Selain beberapa karya seni tiga dimensi diatas, sebenarnya masih ada jenis karya seni yang berupa relief. Karya seni relief merupakan perpaduan antara seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Karya seni relief pada umumnya dibuat dengan cara memahat, namun ada pula yang dibuat dengan cara lain. Contoh karya seni yang berupa relief adalah relief pada dinding candi dan kerajinan ukir kayu.

No comments:

Kami mengharapkan komentar dan kritikan yang membangun, ..